Pindah ke kampung

Pindah ke kampung halaman adalah solusi

Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin pindah ke kampung halaman saja.

Untuk sekarang saja dengan pulang kampung seminggu sekali terkadang agak terasa berat dan terkesan ingin menunda. Mungkin ada baiknya tinggal di kampung sehingga kita bisa kapan saja berada disini.

Orang tua

Ibu, beliau adalah satu-satunya orang tua yang saya punya. Saya tidak tahu sampai kapan bisa bersama beliau. Maka dengan memberi jatah sedikit waktu bersama beliau, akan membuat beliau lebih terobati akan kesendirian beliau.
Disamping itu juga, mertua kasihan di usia beliau yang sekarang sepertinya beliau ingin menghabiskan waktunya untuk berada di kampung juga, mengurus suami dan berinteraksi dengan masyarakat disana. Saya sangat salut kepada beliau, seorang sosok yang sangat saya hormati karena dedikasi beliau kepada sang pencipta membuat kami juga merasa aman dalam lindungan-Nya.

Menyame braye

Sebagai orang bali, dalam hal menyame braye masih perlu adanya lebih banyak membantu keluarga yang lain. Karena suatu saat nanti kita juga mungkin akan memerlukan bantuan dari yang lain. Prinsipnya adalah saling membantu. Jika misalnya kita jarang membantu orang lain, mungkin orang lain juga akan enggan membantu kita. Apalagi jika misalnya kita tidak perlu kelihatan di rumah.

Membuat anak hidup sederhana

Mungkin kita perlu kilas balik lagi ke belakang bagaimana saya dan istri hidup saat kecil dimana penuh dengan kesederhanaan dan keterbatasan, namun hal itu yang membuat kami tumbuh menjadi pribadi seperti sekarang ini. Become No demanding person. Memang sekarang kita sebagai orang tua tidak ingin jika anak kita menderita seperti kita dulu, tapi sadarkah kita bahwa hal itu mungkin saja membuat mereka menjadi lebih lemah.

Ekonomi

Dengan penghasilan saya sekarang, kehidupan di kota terlalu menguras kantong, gaji saya tidak sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan kita tidak bisa berhemat dan menabung untuk masa depan anak. Karena menabung juga bisa digunakan untuk dana cadangan saat diperlukan. Bersyukur di tempat kerja sudah mendapatkan asuransi, jadi beban untuk kesehatan bisa berkurang.

Hidup di desa juga bisa menjauhkan kita dari serangan brutal indomaret, jika rumah dekat dengan indomaret akan membuat sering belanja disana, sekali belanja biasanya mungkin 50rb atau 100rb.

Sedangkan jika hidup didesa, pengeluaran bisa ditekan karena harga di desa lebih murah dari kota. Harga nasi bungkus dengan porsi yang lumayan membuat kenyang masih ada yang 3rb dan jika ingin porsi puas bisa 5rb.

Memahami bersyukur

Sekarang mungkin saatnya yang tepat untuk merasakan bagaimana rasanya bersyukur, seperti halnya jika kita tidak pernah merasa kelaparan berhari-hari maka akan dengan sangat mudah membuang makanan dan menyia-nyiakan mereka.

Saatnya mensyukuri hidup di kota, jika membandingkan dengan ibu-ibu di desa dengan keseharian mereka.

Tantangan:

Pindah ke kampung, juga ada tantangannya

Transport

Rencana saya, akan menggunakan satu motor Vario yang besar untuk transportasi berdua dari kampung menuju Sanur, kemudian taruh motor beat di rumah teman di dekat kantor, istri akan berangkat dari Sanur menuju tempat kerjanya.

Pulang kerja ke Sanur, kemudian berdua lagi pulang ke kampung.

Tantangan di desa

Untuk melindungi keluarga dari yang tidak kelihatan, saya akan belajar cara untuk menangkal dan penyembuhan seperti di klinik ngurah, karena dulu waktu saya kesana, beliau pernah bilang kita bisa menangkalnya dengan belajar.

Demi keluarga saya akan berusaha yang terbaik dalam hal ini.

Adat

Karena saya bekerja swasta dan mencari libur tidak semudah orang-orang yang berada di desa dimana mereka bisa kapan saja libur, maka jika misalnya saya terpilih sebagai pengurus saya akan memberikan sepatah dua patah kata jika misalnya yakin untuk memilih saya dengan konsekuensi jika saya bekerja dan tidak dapat ditinggalkan maka tidak ada yang boleh protes. Maka prioritas saya adalah untuk keluarga kecil saya untuk memberikan penghidupan pada mereka.

Alternative lain:

Jika misalnya kita bisa membagi waktu, mungkin pindah ke kampung bisa ditunda, mertua juga bisa lebih banyak waktu dengan keluarga.

Jumat sore mungkin beliau bisa pulang sehingga sabtu pagi dan hari minggu bisa lebih banyak waktu untuk keluarga.

Saya juga jika diperlukan jumat sore pulang ke kampung, sehingga bisa lebih banyak waktu di kampung, atau jika misalnya lumayan lelah saat bekerja bisa sabtu pagi balik ke kampung.

Waktu mencuci pakaian mungkin perlu dirubah sekarang, bukan sabtu sore, tapi hari kamis sore pulang kerja, sehingga saat hari jumat tidak ada beban pakaian belum dicuci, saat sore atau malam juga air masih mengalir deras dan listrik masih cukup, disamping itu sudah menggunakan stavolt yang tentunya naik turunnya voltase tidak akan berpengaruh.

Waktu menginap di rumah mertua atau liburan

Ini bisa disepakati, minggu keberapa dalam satu bulan ingin menginap atau berlibur misalnya minggu pertama (tentu saja, karena habis gajian jadi bisa belanja pas liburan). Mungkin di waktu ini jika misalnya terlalu lelah saat keluar kita bisa tidak pulang kampung, dan akan memberitahukan hal ini pada orang tua. Tapi jika misalnya ada kegiatan adat mungkin bisa dibicarakan, mengenai waktu ini.

Manajemen keuangan bersama

Ada baiknya sekarang menggabungkan keuangan bersama. Sisakan sedikit untuk bekal masing-masing. Mungkin 1-1,5 juta untuk keperluan pribadi dan makan sendiri. Mungkin diakhir bulan jika misalnya sisa dari uang ini bisa dipakai untuk belanja pribadi untuk hal-hal hiburan.

Sisanya dibuatkan satu rekening digunakan pengeluaran keluarga dan anak.

Semua yang keluar dari rekening ini harus ada catatan.

Note: Fleksibilitas

Ide ini masih fleksibel, dan masih bisa dibicarakan agar bisa lebih sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s