MIUI 8 boros baterai

Setelah upgrade ke MIUI 8 dari MIUI 7 di handphone redmi 3s saya, ada baterai drain yang terjadi, mungkin saja karena cache yang masih menggunakan OS lama, saran di google juga mengatakan factory reset lagi setelah upgrade adalah solusi. Akhirnya saya lakukan juga, dan masalah baterai boros teratasi, baterai bisa bertahan 2 harian :D

Beberapa hari yang lalu saya terkejut karena tumben MIUI 8 di malam hari menunjukkan grafik yang menurun drastis, yang mana sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi.

Setelah saya cek menggunakan aplikasi Security (bawaan MIUI) > scroll kebawah cari “Connection Speed”, akan keluar list aplikasi yang menggunakan internet dari paling banyak ke rendah.

Saya perhatikan disini “Google Service Framework” dan “Other” secara rutin menggunakan internet dengan download dan upload yang sangat kecil 0.0x K/s sekian, pokoknya kecil dah, tapi terus menerus.
sepertinya ini yang menyebabkan android 6 tidak bisa masuk ke mode doze.

Saya akhirnya uninstall update dari google play service (caranya), mengamatinya selama beberapa hari, pemakaian baterai kembali awet.

update 07-03-2017

setelah beberapa kali mencoba, saya mendapatkan hal ini kembali terjadi ketika mengaktifkan mi cloud. Tadinya saya hanya  mengaktifkan find my devices saja, tapi mungkin karena aktivasi ini menyebabkan devices mengirimkan data secara konsisten ke server xiaomi.
akhirnya saya logout lagi dan disable fitur ini.

kemungkinan app yang menyebabkan google play services menggila pake baterai (opini):

  1. Lastpass – mungkin
  2. Find my devices

update 08-03-2017

Setelah mengamati baterai yang drop, akhirnya keputusan sudah bulat untuk factory reset aja ini hp lagi. kadang saya ada aja kelewatan file yang terasa penting sebelum format. buatin aja blognya disini

update 09-03-2017

Kemarin saya install ulang, kemudian tidak melakukan setting apapun di find my devices, tapi kemudian melakukan install apk dari hasil export sebelumnya.
Saya liat ternyata baterainya boros saat malam hari padahal tidak pakai data dan wifi, posisi layar mati. grafik menurun tajam.
saya teringat dengan verify apps bawaan google.
Setelah cek di google setting, memang verify apps melakukan scanning pada aplikasi saya, ini demi keamanan pengguna.

Analisa saya sebelumnya mungkin salah tentang find my devices yang membuat boros baterai. tapi lebih karena verify apps google yang melakukan scanning dan mengirim sejumlah data untuk dianalisa. mungkin itu sebabnya trafiknya kecil.
Jadi jika suatu ketika setelah anda install banyak aplikasi dan android boros baterai, mungkin karena masih di scanning. Jadi sabar aja menunggu, dan semua akan kembali normal pada saatnya.

Leave a Reply

