aplikasi android wajib

Sudah saatnya blog ini yang membuat list program yang sering saya gunakan, beberapa list ini mungkin tidak relevan dengan anda, karena menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing user.

Alasan saya membuat list ini karena setelah factory reset android terkadang lupa aplikasi apa saja yang harus diinstal – efek dari gonta ganti hape atau pengen lebih kenceng aja

Primer – wajib install

  1. Greenify
    Aplikasi wajib agar tidak boros baterai, apalagi sekarang sudah bisa jalan tanpa harus root – wajib banget ini mah
  2. Firefox
    Saya menggunakannya untuk mengganti chrome yang saya disable. Saya menggunakannya untuk transaksi online semacam ebanking atau yang lain yang menurut saya perlu keamanan lebih.
    Jangan gunakan browser lain semacam uc browser atau yang belum terjamin
  3. Nova Launcher
    Launcher paling ringan yang pernah saya coba, banyak kostumisasinya dan powerfull
  4. Whatsapp
    Ini menjadi aplikasi chat wajib untuk saya karena tidak menghabiskan banyak memori dan tidak ribet untuk invite kontak lagi, kualitas audio saat menelpon juga jernih banget
  5. AlReader
    Aplikasi pembaca ebook gratis tanpa iklan dan bisa untuk membaca ebook
  6. ShareIt
    Saya menggunakan aplikasi yang saya extract dari handphone lenovo A369i kalau gak salah, tanpa iklan dan lightning fast. Tapi jika diupdate atau download dari google play iklannya buanyakk :D
  7. Facebook Lite
    Aplikasi pengganti untuk Facebook standar, saya gunakan karena ringan dan tidak membuat baterai boros
  8. Google Authenticator
    Saya menggunakan ini untuk 2-step verifikasi biar lebih aman :)

Sekunder – boleh install boleh tidak

  1. Google Keep
    Seharusnya ini primer menurut saya, tapi karena memerlukan google play service, jadi saya kategorikan sekunder saja
  2. FX Explorer
    Explorer yang ringan dan minimalis tapi memiliki banyak fungsi. tidak ada iklan kayak ES Explorer
  3. AirMore
    alternatif untuk AirDroid, lebih ringan dan tanpa iklan
  4. AirDroid
    Aplikasi yang saya gunakan untuk mengkopi file secara wireless ke komputer, makin kedepan makin berat aplikasi ini karena makin banyak fitur, saya masih mencari app yang bagus yang hanya untuk transfer file – makin kesini fiturnya makin berat
  5. Feed Baby
    Jika anda punya bayi, aplikasi ini kayaknya wajib anda install
  6. Color Note
    Aplikasi alternatif untuk catatan
  7. Money Lover
    Aplikasi pencatat keuangan
  8. Spendee
    Aplikasi alternatif pencatat keuangan
  9. Lastpass
    Aplikasi password paling bagus dan gratis
    saya masih mengecek apakah app ini yang membuat hp saya boros baterai, jadi untuk sementara dihapus dulu
  10. AccuWeather
    Aplikasi prakiraan cuaca yang paling bagus menurut saya, karena lengkap.
    edit : berat, banyak iklan
  11. theScore
    aplikasi untuk melihat score pertandingan realtime

Utility – install sesuai kebutuhan (a.k.a habis pakai bisa dihapus)

  1. Authy
    2-Step authenticator, bisa sinkron key pakai cloud
  2. Parallel Accounts
    untuk aplikasi multi akun, bagusnya tidak ada iklan dibanding parallel space
  3. QuickShortcutMaker
    Aplikasi yang saya gunakan untuk disable app bawaan MIUI 8 yang tidak bisa dimatikan
  4. SD Maid
    untuk membersihkan sampah di SD Card
  5. Team Viewer
    Jika anda kerja di IT, mungkin anda perlu ini untuk ngeremote komputer lain
  6. Apk Extractor Lite
    (tanpa iklan, ukuran kecil) untuk menyimpan file apk dari aplikasi yang telah anda install
  7. Fuelio
    Aplikasi pencatat bahan bakar kendaraan
  8. Fastest Mini Browser
    Browser tambahan -> disable javascript, disable image, khusus saat kere bandwidth
  9. CM Browser
    browser dengan loading yang kencang dibanding firefox, tapi tidak berani dipakai untuk ebanking atau ngecek email pribadi

 

Multimedia – Entertainment

  1. VLC
    player yang bisa dilock agar tidak bisa disentuh layarnya. Cocok jika punya anak kecil untuk nunjukin video lucu

Berbayar – bisa beli jika anda mampu

  1. PowerAmp
    Aplikasi pemutar music dengan efek yang keren

Note:
Beberapa aplikasi saya coret yang artinya itu sudah tidak memenuhi kriteria saya lagi.

Disamping ada aplikasi wajib, ada aplikasi juga yang sebaiknya diuninstall

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

