remote gui linux desktop

Sampai sekarang saya masih belum menemukan cara yang mudah untuk melakukan instalasi VNC di linux, banyak tutorial jika di search di google, tapi membutuhkan list command yang panjang.

Saya akan melakukan search lagi tentang vnc ini di linux nanti, tapi untuk sekarang, sebagai solusi sementara, saya akan menggunakan X2Go Server.

Ada beberapa kelebihan dari x2go ini, yaitu proses instalasi gak ribet, setting bisa dilakukan secara GUI di client.

Note: Saya tidak menyarankan anda install ini di server linux, karena dengan instalasi GUI semacam lightdm, xfce atau apalah itu namanya, pasti akan membuat rentan sistem dengan hole.
Gunakan selalu ssh text based untuk server anda.

– Untuk server X2Go (komputer desktop yang akan di remote)
berikut proses installnya.

$ sudo apt-add-repository ppa:x2go/stable
$ sudo apt-get install x2goserver x2goserver-xsession

– InstalasiĀ untuk komputer client (yang akan melakukan remote)

$ sudo add-apt-repository ppa:x2go/stable
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install x2goclient

untuk cara pemakaiannya, sepertinya semuanya sudah jelas di interface gui-nya,
yang saya rubah yaitu:

Tab session:
Session type => Connect to local desktop
karena saya akan meremote langsung di desktop pengguna

Tab Connection:
Compression
Method => 256-jpeg
agar lebih cepat koneksinya (tidak perlu warna yang terlalu banyak)

referensi

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

