font chrome lebih besar

Saya sempat bingung juga dengan tampilan chrome yang dimana suatu website menampilkan tulisan yang begitu kecil dan membuat mata lelah saat membacanya.

menggunakan zoom di chrome (Ctrl + dan Ctrl -) membuat semua elemen terkena zoom jadi perlu geser kanan kiri lagi, agak merepotkan. Yang saya perlukan hanya ukuran font saja yang lebih besar.

Setelah mencoba beberapa extension gak ada yang bagus juga.
akhirnya saya mencoba juga “Advanced font settings” yang ada di setting Font bawaan chrome.
merubah bagian minimal font, menjadi lebih besar.
Bammm, font yang kecil bisa berubah lebih besar.

Saya cek kembali bagian setting zoom chrome, ternyata di bagian “minimum font size” berubah menjadi 20 (Huge)
Hmm.. ternyata setting yang dulu saya buat dengan nilai 16 tidak pengaruh banyak, jadi preview yang terlihat disana adalah tipuan.

Screenshot at 2016-11-25 09:19:26.png

Tips: rubah font antara 16 – 20 untuk mendapat hasil yang pas, atau kembalikan ke tiny jika ada web yang tampilannya gak bagus.
kombinasikan juga dengan page zoom : antara 110% – 125%

Karena extension itu tidak penting lagi, saya hapus saja, dan mulai menggunakan setting bawaan chrome.
Saya bookmark juga chrome://settings/fonts agar bisa diakses lebih cepat saat merubah font.

referensi

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

