linux downloader

Posting kali ini saya buat untuk merangkum, downloader yang akan saya gunakan.
Sebenarnya bisa saja sih menggunakan cli semacam wget, tapi beberapa website terkadang tidak memberikan direct url, tapi semacam url masking yang jika di copy link-nya hanya akan mengeluarkan page HTML.

Jadi, disini diperlukan integrasi dengan browser.
Untuk sementara waktu, saya  menggunakan uGet yang lumayan bagus tampilannya.

Berikut ini beberapa list feature yang saya sukai

  • Queue, resume
  • Multi-Connection / Multi-Segment, atau bisa dibilang parallel download per connection
  • Scheduler, untuk sementara belum pakai ini, tapi mungkin saja nanti perlu
  • Firefox integration, kenapa cuma firefox ya?
  • sisanya lihat ini ya -> lebih lengkap

cara installnya

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-stable
sudo apt update
sudo apt install uget

Setelah itu install extension Flashgot untuk firefox, sementara saya belum menemukan extension untuk Google Chrome

Saat anda mendownload, gunakan option “FlashGot”

Untuk mempercepat akselerasi uGet, silahkan enable plugin aria2

update 25-04-2017

Beberapa hari belakangan aplikasi download andalanku uGet bermasalah, yang hanya keluar tampilan putih tanpa isi. :D kosong melompong.
Akhirnya hunting dimulai untuk mencari alternative download lain, yang mempunya kapabilitas untuk mencekek bandwidth biar gak terlalu besar. Dan akhirnya ketemu juga aplikasinya. namanya xtreme download manager

tapi karena di website resminya downloadnya agak ribet, biar lebih gampang install pake apt saja – more

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps        
sudo apt-get update        
sudo apt-get install xdman

review sementara, software ini bagus, interfacenya bagus, dan ketika di close ada icon mini di layar. mungkin uget lebih banyak fiturnya tapi kalau ugetnya gak jalan musti gimana lagi.

update 25-04-2017 (lagi)

Wget
ternyata xtreme download manager tidak berfungsi, entah kenapa. daripada pusing, saya gunakan aja speed limit dengan wget, biar lebih handal – more

$ wget --limit-rate=80k url
 #contoh mencekek bandwidth biar gak mengganggu yang lain.

 

update 12-05-2017

Aria2c more
menggunakan aria2c lebih cepat dan banyak fungsi.
$ aria2c parameter download_link

Parameter:
–max-download-limit=500k (double dash)
limit bandwidth 500k

-o nama_baru download_link
membuat dengan nama baru

-c download_link
resume download

-i file_text
download dari list file

-x2 download_link
download dengan 2 koneksi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: