membuat interface Ubuntu Mate nyaman

untuk saya yang sudah terbiasa dengan OS W, pindah dengan linux mungkin agak sedikit kesulitan beradaptasi dengan warna dan lokasi interface.
warna dan font bawaan terkadang membuat mata bekerja extra untuk membedakan segmen2 antar tab atau tombol, disamping itu sekarang saya sedang bermasalah dengan mata merah, yang mengharuskan saya membuat font terlihat lebih besar (font saya buat ukuran 14) sehingga lebih dapat mudah dibaca dan bisa melihat dari jauh.

Jika anda menggunakan Linux Ubuntu Mate 16.04, anda bisa memilih beberapa setting GUI Panel, caranya:
buka Control Center > Mate Tweak
buka tab Interface > pilih dropdown Panel
silahkan dipilih sesuai keinginan anda.
Jika anda ingin seperti tampilan Mac (Cupertino), Mutiny (Ubuntu), Redmond (OS W)

saya lebih senang menggunakan Redmond karena space hanya satu bar saja. tidak perlu 2 bar atas dan bawah.
screenshot-at-2016-09-29-110952
Ukuran panel juga saya ganti menjadi 48 30, sehingga lebih mudah dibaca dan di klik
ini screenshot taskbar saya

Screenshot at 2016-09-29 10:51:55.png

anda bisa merubah warna dan bentuk control kesukaan anda.
Saya menggunakan Control Center > Appearance
Pilih Theme “Menta” TraditionalOK
Klik Customize
Controls -> TraditionalOK
jika anda ingin taskbar 2 baris, anda bisa gunakan Radiant-MATE
Window border -> Crux
Icon -> Radiant-MATE
Sisanya biarin aja default, atau anda bisa rubah sendiri
Klik Close jika anda telah selesai

screenshot-at-2016-09-29-111341

Masuk ke Tab Font
ubah semua ke font 12 agar lebih mudah terbaca

— Save Setting theme
Mate Tweak > Interface > “Save Panel Layout”
hasilnya akan disimpan di /usr/share/mate-panel/layouts/[username]-tweak.layout & .panel

— option 2 apple pie wannabe
setelah satu hari menggunakan Redmond, terasa taskbar agak sempit, dan susah untuk pindah app. hmm.. saya coba aja opsi yang kedua, redmond biar kayak apple yang cute gitu.. wwkww

Buka Control Center > Mate Tweak
Interface > Cupertino
untuk color saya samakan dengan yang pertama

klik kanan pada panel atas > Add to Panel
centang “Window Picker”
Selection_005.png

rubah panel height menjadi 40
posisikan window picker agak jauh sehingga bisa dibedakan mana shortcut dan window picker.
hasil akhirnya seperti berikut

Selection_003.png

tambahkan juga “System Monitor”
ubah warna prosesor untuk idle menjadi warna putihSelection_006.png

update 20-03-2017

hari ini saya mencoba install aplikasi tint2, agar bisa menggunakan sidebar panel sebelah kiri seperti ubuntu, cara installnya
sudo apt install tint2

beberapa setting yang saya terapkan:
– tab panel : position > klik bagian panel kiri
– tab panel items : tambahkan executor di bawah “Launcher”
tujuannya agar ada pemisah antara launcher dan window list
– tab task button : uncheck “show text”
– sisanya saya biarkan defaultnya.

setting saya, untuk panel tint2 saya biarkan selalu terlihat di layar. untuk panel bawaan mate, saya autohide dibagian bawah desktop karena masih belum begitu nemu setting untuk  universtal launcher dan icon tray di tint2

Leave a Reply

