4G vs Fiber

Saat melakukan perjalanan pulang kerja, sering saya melihat mobil yang terdapat spanduk yang berisi registrasi Indihome.
Indihome adalah salah satu layanan fiber optic dari telkom yang include dengan TV berbayar dan internet kecepatan tinggi.

Tapi sekarang juga sedang gencarnya promosi koneksi 4G dari operator tanah air.

Mari kita compare

Koneksi (FO:4G – 1:0)
Fiber koneksinya lebih stabil karena menggunakan kabel yang tahan terhadap cuaca, dibandingkan dengan 4G yang mungkin saja lebih terkendala dengan cuaca seperti mendung atau hujan.

Harga (FO:4G – 1:1)
Kalau bicara masalah harga, sepertinya Fiber Optik lebih mahal, karena provider harus menyiapkan infrastruktur kabel atau tambahan tiang ke tempat pelanggan, sehingga biaya maintenance juga akan diperhatikan dalam biaya bulanan anda.
Sempat bicara dengan teman, biaya perbulan sekitar 300ribuan, dan ternyata ada biaya pemasangan sekitar 800rb yang tidak dikasi tau oleh marketingnya (mungkin ini gak benar, silahkan di cek kembali)
Jika 4G, anda bisa menikmatinya mulai dari 50rbuan per bulan, tentunya dengan beberapa keterbatasan.

Jangkauan (FO:4G – 1:2)
Masing-masing wilayah tentunya berbeda, karena ini merupakah teknologi baru dan sedang berkembang, hanya wilayan tertentu saja yang bisa menikmati layanan ini. Tapi sepertinya 4G lebih unggul, karena menggunakan sistem radius, sedangkan kalau kabel pasti menunggu penarikan dulu point to point

Bandwidth (FO:4G – 2:2)
Tentunya Fiber Optik menang dari 4G, tapi jika anda adalah pengguna perseorangan, koneksi 4G sudah lebih dari cukup. Kecuali anda ingin koneksi untuk perusahaan anda, maka Fiber adalah mutlak diperlukan.

Mobility (FO:4G – 2:3)
Fiber anda tidak bisa bawa kemana-mana, otomatis jika anda pasang dirumah, anda harus terus berada di rumah untuk menikmati koneksinya.
Tapi dengan 4G, anda bisa lebih mobile kemanapun anda pergi, selama mendapatkan jangkauan 4G, maka kecepatan akan terus anda dapatkan

Worth of Money (FO:4G – 2:4)
4G lebih menang, karena jika anda adalah pekerja yang pulangnya sore, koneksi fiber akan membuang uang anda, karena tidak dimanfaatkan dengan maksimal.
Tapi dengan 4G anda bisa nikmati sepanjang hari dimana saja

Silahkan anda memilih yang mana lebih baik untuk anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: