Kekurangan Linux

Beberapa waktu yang lalu saya sudah merasa mantap ingin beralih full menggunakan Linux.
Tapi akhirnya saya kembali lagi menggunakan OS sebelum Linux.
Mungkin sepertinya Linux hanya akan menghiasi VirtualBox-ku, dan digunakan untuk eksplorasi dan bermain-main dengan command prompt.

Berikut ada beberapa kekurangan yang saya temukan.

Banyaknya dependencies yang diperlukan jika melakukan instalasi software (1)
Jika anda ingin menginstall software A yang ukurannya kecil misal 200 Kb, saat instalasi akan terlihat banyak sekali software lain yang harus diinstal sebelumnya (dependencies).

Susah bekerja tanpa internet.
Berkaitan dengan nomor (1), anda tidak akan dapat menginstall software tanpa internet, karena jika anda hanya menginstall software tersebut tanpa dependencies, kebanyakan akan terjadi kesalahan atau software tersebut tidak akan berjalan dengan mulus.

Lambatnya Linux (3)
Entah kenapa, sebelum saya menggunakan Linux, menggunakan OS W, membuka banyak tab di google chrome, jarang sekali mendapatkan sistem yang lambat.
Tapi dengan os linux, terkadang lock komputer tidak bisa karena tidak merespon. Pindah tab juga terasa lama dan kadang not responding. Saat memerlukan sesuatu segera untuk bekerja, terasa lumayan menjengkelkan menunggu OS untuk merespon perintah.
Point ini yang membuat saya yakin untuk pindah dari Linux, meskipun saya sudah menggunakan Linux Xubuntu yang ringan dengan xfce desktop env.

Process yang besar
berkaitan dengan point no (3), memang proses dari linux kalau dicompare dengan windows, ternyata memori masing2 proses jauh daripada windows, apakah mungkin karena windows sudah menggunakan directX atau semacamnya sehingga developer hanya tinggal comot API code saja jadi bisa lebih ringan.
sekedar contoh seperti Anti Virus yang sama running antara windows 7 dan windows 10, memori windows 10 jauh lebih sedikit yang digunakan oleh prosesnya.

Software yang tersedia masih sedikit
Masih belum sebanyak OS pesaing, jadi harus pintar mencari alternatif software pengganti, yang mungkin saja tidak selengkap software asli

Driver yang masih terbatas
Tidak semua hardware dalam komputer anda mendapat support driver. Jadi jika anda mempunyai hardware baru rilis di pasar, perlu sedikit waktu untuk bisa bekerja maksimal dengan linux anda

Tampilan display tanggung
Sehingga tampilan monitor saya menjadi tanggung, kalau resolusi terlalu tinggi, tulisannya terlihat kecil dan membuat mata lelah untuk melihat. Jika dibuat resolusi 1024 x 768, tulisan dengan jelas dapat terbaca, tapi proposi layar terlihat gepeng. Saya lebih memilih gepeng dan mudah terbaca, tapi sebaiknya mending gak pake dulu.
hal ini udah solve dengan salah satu posting di blog saya

Nanti akan dilanjutkan kembali

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s