wordpress atau blogspot

Jika anda pernah berpikir, mau membuat blog gratisan dimana?
wordpress.com atau blogspot?
(tulisan kedepan wordpress adalah untuk wordpress.com bukan yang org atau anda install sendiri di server)

Ini beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda.

Fitur
beberapa punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Winner: Draw

Kecepatan
Hal ini tergantung dari apa yang anda masukkan.
Karena wordpress.com tidak mengijinkan anda memasukkan kode html pada blog anda, maka apa yang ditampilkan biasanya lebih cepat.
Blogspot juga cepat, tapi jika anda memasukkan bermacam-macam kode html, mungkin akan berpengaruh pada performa blog anda
Winner: Draw

Kontinuitas
Keberlanjutan, ini yang membuat saya memilih wordpress dibanding blogspot.
Seperti anda tahu, google terkadang menutup service nya tanpa sebab. coba anda search di google beberapa service yang ditutup.
Takutnya nanti setelah anda capek-capek nulis blog, dan blogspot ditutup google, bakalan repot mindahin blog lagi dan membangun blog yang baru.
Lain dengan wordpress yang semenjak dulu memang fokus di bidang blogging. Saya yakin layanan wordpress akan berlanjut sampai lama. mungkin setelah saya tidak ada di dunia ini, alamat blog ini masih ada, dan masih bisa anda buka dan baca
Winner: WordPress

Tambahan Kode
Untuk hal ini saya berikan acungan jempol pada blogspot, karena blogger bisa bebas berekspresi dengan dengan tambahan kode milik pengguna, tanpa perlu membayar lagi.
untuk wordpress saya belum tahu fitur ini, tapi anda harus membayar lagi jika ingin mengkostumisasi tema anda.
Winner: Blogspot

demikian saja yang beberapa fitur mungkin bisa anda jadikan perbandingan.
Jika nanti saya ada ide lagi, akan saya tambahkan. hehehe

Leave a Reply

