beda warna, apakah OS yang salah?

Teringat dulu seorang teman pernah bilang padaku, kalau mac lebih bagus daripada windows. kenapa? karena mac kalau kerja desain grafis pas di print hasilnya akan sama dengan output di layar.

Oke, saat itu aku juga berpikir mungkin memang mac yang bagus dalam managemen sistem sehingga WYISWYG itu persis sama, makanya banyak desain grafis mania pilih mac dibanding windows.

Karena rasa penasaran yang lumayan tinggi, akhirnya sempat tanya om google tentang ini, apakah memang betul perbedaan ini disebabkan oleh sistem operasi yang digunakan.

Ini hasil penemuanku:
Mungkin bagi kita yang sudah lama terjun ke dunia desain grafis dan sablonkaos sudah tidak asing lagi dengan istilah RGB dan CMYK. RGB dab CMYK adalah singkatan dari sistem pewarnaan. Perbedaan paling utama dan mendasar dari RGB dan CMYK adalah RGB lebih ditujukan untuk Digital appearance atau tampilan yang bersifat digital. sedangkan CMYK untuk kepentingan percetakan.
sumber: disini

Sepertinya inilah penyebabnya kenapa bagi sebagian orang yang bekerja dengan windows tidak mendapatkan hasil yang memuaskan saat melakukan pencetakan pada media kertas, karena CMYK fokus pada warna hitam dan RGB untuk warna putih yang memang cocok untuk tampilan layar.

Jadi yang salah siapa kalau orang2 mengatakan mac lebih bagus saat pencetakan? cuma perlu mengenal tentang warna saja ;)

note: this only my opinion, please recheck another source again if you want to have full explanation about this

Advertisements

4 thoughts on “beda warna, apakah OS yang salah?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s