hasil belajar siswa anda

by deSuk

apakah yang mungkin anda harapkan dari hasil anda mengajar?
mungkin beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :
1. anak didik yang cerdas
2. anak didik yang mengerti dengan apa yang anda ajarkan
3. anak didik yang bisa mengembangkan apa yang telah anda berikan,
tidak hanya statis jalan ditempat
4. anak didik yang mengerti dengan kerja keras yang anda berikan kepada mereka
5. anak didik yang bisa diandalkan sehingga bisa membawa nama baik pengajarnya.

akan tetapi mungkin saja dalam mencapai beberapa hal diatas, akan ada beberapa hal yang akan menjadi rintangan anda :
mungkin salah satunya pernah anda alami saat mengajar.

1. mata pelajaran yang anda bawakan merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi siswa.
disinilah peran seorang pengajar untuk membuat pelajaran yang tidak disenangi siswa agar bisa disenangi.
tapi ingat, ini bukanlah hanya satu alasan bagaimana membuat sesuatu menjadi menyenangkan, akan ada keterkaitan sebab yang lain juga.

2. waktu yang diperlukan

untuk memberikan yang terbaik bagi anak didik, diperlukan waktu yang cukup untuk menyampaikan materi yang akan anda ajarkan kepada mereka
apalagi jika apa yang anda ajarkan ada hubungannya dengan praktikum.
anda harus pandai mengatur waktu dalam menjelaskan suatu permasalahan dan memberikan juga praktek untuk hal itu.
waktu yang singkat, seperti mengajarkan seseorang membaca tulisan dalam satu minggu.
kalau dibilang sulit, termasuk sulit.
kalau dibilang mudah, memang agak sulit sih… :)) kok nggak nyambung ya?
tapi intinya waktu adalah sangat penting disini
hasil belajar yang maksimal bisa kita dapatkan dari perpaduan cara mengajar anda dan waktu yang anda dapatkan

3.  Materi
barangkali ini merupakan hal yang mendasar juga yang harus dipertimbangkan

materi yang banyak sedangkan waktu yang sedikit
bisa diartikan seperti makan hamburger besar 3 buah dengan waktu 1 menit.
kemungkinan hamburger itu bisa dihabiskan, akan tetapi dengan tergesa gesa anda tidak akan mengetahui pasti, apa rasa dari hamburger itu.
hamburger itu hanya sekedar lewat saja di lidah dan tenggorokan saja, tanpa sempat merasakan apa sebenarnya rasanya.
ada kemungkinan lain, hamburger itu tidak habis dimakan dan menyisakan banyak.
analoginya akan saya jelaskan dibawah ini :

sama seperti belajar.
anda mungkin bisa saja memberikan materi yang banyak dengan waktu yang singkat, tetapi apakah siswa akan dapat mencerna materi yang sekian banyak dengan waktu yang sangat singkat.
pastilah akan seperti angin lalu.
masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

atau mungkin saja jika pengajarnya ingin siswanya mendalami materi sampai mengerti sekali. akan tetapi semua materi yang harus diajarkannya tidak semua dapat disampaikan karena waktunya sudah habis. apakah bisa dilanjutkan lagi?
siswa akan mengerti sekali sebatas apa yang pernah diajarkan.
tetapi tidak mengerti keseluruhan materi.

4. Ketidak mampuan mengajar
yang paling aku takutkan disini adalah bagian yang ini.
kenapa?
karena mungkin saja hal diatas tidak ada sangkut pautnya dengan yang lain.
option ke 4 adalah inti dari semua ini.
sebaiknya kita menyadari bahwa seorang manusia mungkin saja tidak berbakat disemua bidang.
anda bisa membuat gambar sketsa, akan tetapi mungkin tidak bisa untuk membuat rumah.
sadarilah kalau manusia tidak bisa menghandle semua bidang

mungkin jika option ke 4 bisa sangat mengecewakan

[end dulu ah… besok sambung lagi…]

Advertisements

4 thoughts on “hasil belajar siswa anda”

  1. Wah wah yang jadi dosen.

    kata para2 pengajar sieh, mereka akan merasa berhasil klo anak didiknya berhasil melewati segala ujian dan menajdi orang yang berhasil.

    katanya lagi, sang penagjar itu harus pintar2 membawa suasana sehingga menjadikan suasana itu menjadi kondusif.
    sehingga sang anak didik jadi paham.

    bener gak yah?gak tau dech.
    itulah seni jadi sang pengajar.

    senang yah klo bisa deket dengan seorang pengajar, soalna biasanya sieh orangnya lebih sabar he2.

    keep spirit yah

  2. @ayu

    ini merupakan suatu pukulan bagiku. karena aku sudah mengalami kegagalan dalam memberikan pengajaran pada anak didik.
    sepertinya aku sekarang berada pada option ke-4
    hik hik
    no hope;

  3. @ desuk
    biar ga gagal, makanya ilmu AKTA 4 nya diterapin donk…. Dari semua saran yang pernah aku kasi, ga mempan juga ya? Tp pas aku ngajar di Kelasmu, hasil nya bagus lho…
    mungkin karena mrk jurusan TIK, siswa cewek dikit, jd lebih suka diajar ama dosen cewek kali ya? buktinya waktu kamu ngajar di akuntansi yang isinya 80% cewek, hasil ngajarmu bagus2! Ato karena faktor dosennya yg lebih suka ngajar cewek????? jd bisa ngecengin lebih banyak???

    @ ayu
    Desuk itu dosen yang paling sabar lho….
    ga pernah ngelawan heheheh….

  4. @astri

    jadi serba salah mengajarnya
    – kalau dikerasin : siswa berontak
    – kalau dilembutin : siswa kayaknya jadi nggak bersemangat..

    beberapa waktu ini aku sudah coba teknik yang kedua (lembut) untuk anak akuntansi yang dominan cewek.. dan TIK yang dominan cowok…

    kesimpulan :
    – kelas yang kebanyakan cewek -> metode lembut
    – kelas yang kebanyakan cowok -> metode keras (tapi belum pernah dicoba)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s