Shogun SP vs Jupiter MX

Shogun SP vs Jupiter MX.

beberapa komparasi yang bisa saya berikan disini berdasarkan dari apa yang pernah saya lihat dan rasakan.

OKe ini adalah beberapa perbedaan antara SP dan MX :

> bagasi
– SP mempunyai bagai yang cukup luas, cukup untuk menyimpan peralatan tambahan untuk berkendara, seperti misalnya jas hujan, toolbox, sandal, kotak nasi, atau juga bisa jaket.
– MX, bagasi yang kecil, hanya cukup untuk menyimpan toolbox standar (kunci bawaan)

> radiator
– SP tidak ada
kadang jika agak lama make motor, terasa banget tenaga menjadi drop. mungkin karena mesin terlalu panas
– MX menggunakan radiator, memungkinkan suhu mesin lebih stabil dan memperawet mesin.
[IMHO : radiator tidak terlalu berpengaruh, kecuali anda sering bepergian jauh dan nonstop, jadi jika seperti saya, radiator belum begitu berarti. toh juga pendinginan udara sudah cukup]

> mono shock
– Sp tidak ada
[pernah kepikiran untuk ganti dengan monoshock, tapi mengingat langkah2 yang harus dilakukan rumit dan memerlukan perubahan body. akhirnya canceled]
– MX ada, monoshock bisa membuat tampilan lebih keren, serta lebih empuk jika berboncengan.

> kopling tangan
– SP ada
agak lemot
– MX ada (khusus CW)
belum tau, belum coba yang CW

> kapasitas mesin
– SP : 125 cc
so pasti kalah dengan MX, tapi mengenai keentengan, SP lebih unggul
– MX : 135 cc
lebih bertenaga, tapi tuas gas lumayan berat. tangan jadi sakit [pinjam punya temen]

> rem cakram
– SP : double disk brake
cakram depan dengan diameter besar, lebih keren, serta tambahan cakram belakang. membuat pengereman lebih sempurna
– MX : cakram depan

> tampilan body overall
ini sih masalah selera.
ada yang suka dengan SP, ada juga yang suka dengan MX
up to you bro..

> panel indikator
– SP : sistem elektronik
memakai sistem LED serta nggak pake kabel untuk mencari tingkat kecepatannya.
– MX : manual
masih menggunakan manual, tapi ada indikator tambahan pada radiator

> Casting Wheel (Pelek bintang)
– SP ada
– MX ada (khusus CW)

> pengaman kunci
– SP ada
– MX tidak ada

alasan kenapa milih SP dibanding MX :
– cakram belakang
– kopling tangan
– Casting Wheel
– bagasi, ini yang paling penting.
– lebih irit (karena cc lebih kecil, semakin gede cc maka semakin boros)
– pengaman kunci
– bisa untuk bonceng adik adik, karena bagian depan terdapat bagian kosong sehingga kaki anak kecil bisa masuk.
kalau mx so pasti kayak jongkok kalau bonceng anak kecil di depan.

so, choose a motor bike at your own need

Advertisements

107 thoughts on “Shogun SP vs Jupiter MX

Add yours

  1. Hahahaa… ngakak gue baca komentar2 yamaha mania disini. Katro kalian itu, persis dengan slogan iklan2 yamaha yang katro2, bisanya memprovokasi orang, vulgar.. menjelek2kan kompetitor, ngga etis dalam beriklan.

    Mimpiiiiiiiiiiii aja kali yehhh kalian itu.

    Kaga usah mimpi2 deh, kita liat aja kenyataannya sekarang.

    Performa MX yang katanya canggih & cepat dan semakin di depan itu (heboh banget iklannya) ternyata sama2 aja dengan Supra125 injection dan kalah telak klo di adu dengan shogun f1 apa lagi dengan Satria FU, kaga usah mimpi deh.

    Apaan tuh
    135 cc, kompresi 10,4 : 1
    4 valve sohc
    tapi
    powernya cuma 11,33

    bandingkan dengan supra yang
    125 cc,
    kompresi 9 : 1
    2 valve sohc
    powernya sudah 9,18 hp

    apalagi dengan shogun f1
    125 cc
    kompresi 9,6 : 1
    2 valve sohc
    powernya sudah 10,33

    bayangkan kalau supra & shogun kompresinya di naekin jadi sama dengan MX
    gue yakin powernya lebih dari MX

    belum lagi kalau CC-nya di naekin sama dengan MX.

    Mesin MX sama sekali tidak efisien.

    Punya fitur lebih dari kompetitor tapi power yang di bandingkan ngga sebanding dengan fiturnya.

    Coba tuh bandingkan dengn CS1 yang 125 cc sohc.. langsung KO tuh MX

    Kalau dengan FU??? huhhhhhhh jangan deh. malu2in aja tuh motor mx katro

  2. Ckakakakkaaa………..kalian semua pada bego yach! gak usah nilai mesin ma kompresi asu! semua belum tentu bener, cuma b##l SH#T ajjah!
    yang perlu lo pada perhatiin! gimana pangsa pasarnya!
    siapa yang menarik paling banyak konsumen dialah yang menang!
    tinggal lo liatin ajah diantara SUZUKI pa YAMAHA yang paling dilirik!
    gitu ajah koq repot, kalau soal ngadu barang we tetep yamaha. buktina CBR we kentutin abis2an pake SCORPIO we.
    harganya doang mahal tapi speed na weeeeeeeeeks…….

  3. gua pernah cb balap sm motor temen, jupe mx vs , kalo tarikan awal se menang punya gua sp, tp top speed tinggal gua dikit…..gmn tu bro sp biar dpt top speed nya?? buat elo smuayang peke sp deh……

  4. sp……….liat tuh powernya cuma 9sekian ps

    mx 11ps……….beda jauh tuh………..

    gw sering ngasapin sp blagu di jalan………..

    cukup pake gigi 2 za………gk bisa ngikutin……..

    pas pindah gigi 3……..gk kliatan tuh………

    pengalman gw uda banyak……..sp………cuma mw manas2in mx doank klo dijalan juga……..

    jangan blagu peminat sp…………

    lawan dulu tuh supra x 125……….

    mohon maaf……………..

    mx cuma kalah ma fu…………….

    thank……..

  5. #

    Specification

    * Model code: T135
    * Engine: SOHC 4-valve 4-stroke 135cc water-cooled engine
    * Cylinder arrangement: Forward-inclined single cylinder
    * Displacement: 134.9 cc
    * Max power: 8.45 kW (11.33 PS) @ 8,500 rpm
    * Max torque: 11.65 Nm @ 5,500 rpm
    * Max speed: 162 km/h[2]
    * Bore x stroke: 54.0 x 58.7 mm
    * Compression ratio: 10.9 : 1
    * Transmission: Constant mesh 4-speed
    * Clutch: Wet, multiple-disk and centrifugal automatic (optional manual clutch model is also available)
    * Fuel system: Fuel injection (2008 Yamaha Spark 135i in Thailand only); Mikuni VM22 carburetor with throttle position sensor (other countries)
    * Frame Type: Diamond-shaped underbone steel tube
    * Suspension (Front): Telescopic
    * Suspension (Rear): Monoshock
    * Brake (Front): Single-piston disc, Dual-piston disc – 135LC Extreme Spirit (Malaysia)
    * Brake (Rear): Drum
    * Dry weight: 103 kg
    * Fuel tank capacity: 4.3 L
    sumber wikipedia.
    #
    KING RIDER MX KING RIDER MX December 30th, 2008 at 8:37 am 233

    The YZ125 has been built with 5 and 6 speed gearboxes depending on model year (one down, five up) or (one down, four up) sequential gearbox. The 2007 model has a Constant mesh wet, multiple-disc coil spring clutch. The revised gear ratios as of the 2007 model are:

    * Gear Ratio – 1st Gear 31/13 (2.385)
    * Gear Ratio – 2nd Gear 29/15 (1.933)
    * Gear Ratio – 3rd Gear 27/17 (1.588)
    * Gear Ratio – 4th Gear 23/17 (1.353)
    * Gear Ratio – 5th Gear 24/20 (1.200)
    * Gear Ratio – 6th Gear 23/21 (1.095)
    #
    XX XX December 30th, 2008 at 11:30 am 234

    Yamaha Spark 135i,

    or Yamaha T135 as the experts call the motorcycle. To be honest the Yamaha Spark 135 has many names in the Philippines the Spark is known as the Yamaha Sniper and in Indonesia as the Yamaha Jupiter MX and some parts of the world the Yamaha Spark 135i is known by the simple name of just Yamaha 135LC.

    The Yamaha Spark 135i is a small underbone bodied motorcycle which is also the motorcycle with the second-largest displacement in its class. The Yamaha Spark 135i is powered by a SOHC 4-valve 4-stroke liquid-cooled forward-inclined single DiASil cylinder 134.9cc engine. With a 54mm bore and 58.7mm stroke, producing a compression ratio of 10.9:1. Yamaha uses for the Spark 135 a Die-cast aluminum cylinder (DiASil), which offers better heat conductance to dissipate excessive heat more easily. The light forged piston can normally be found in high performance race engines.
    The Yamaha engine is capable to push this motorcycle, with its close to 16 horsepowers, to a maximum speed of 165km/h. The Yamaha Spark 135i uses a electronic fuel injection system equipped with throttle position and environmental sensor for more precise ignition timing, increasing the engine’s efficiency, and also an accelerator pump for better acceleration and instant throttle response. The Yamaha Spark 135, in order to achieve fine-tuned performance that can’t be expressed simply in specs, you just need to test ride this bike to know what it is all about.

    The 4-speed gear, constant mesh, transmission with wet, multiple-disk and centrifugal automatic looked a bit outdated, but the gear ratio are good and we have nothing to complain about the gear box.

    The chassis of the Yamaha Spark 135, which original was introduced in 2005, did not changed that much. Yamaha still uses a diamond-shaped underbone steel tube frame, with standard telescopic front fork suspension with a single shock rear ‘mono-shock’ swingarm. The road handling of this bike is great, even with higher speeds you never have the feeling you about to lose control, its a kind of handling that doesn’t stress the rider.
    #
    KING RIDER MX KING RIDER MX December 30th, 2008 at 11:32 am 235

    WAW…………..16 HP……………….SETARA FU………………….

    KAYANYA FU KALAH……………………

  6. Cobain mx baru!!! ada loh pnya temen gw kec 90 Km/h body geter, stang kerasa ngelayang..mana nyaman,,
    ngaku bisa sampe 162 Km/h,,mau naek motor di jalan tol???
    akselerasi mx jg payah,,masa sama supra fit gw kalah..
    gmana juga lebih keren sp cuy

  7. Cobain mx baru!!! ada loh pnya temen gw kec 90 Km/h body geter, stang kerasa ngelayang..mana nyaman,,
    ngaku bisa sampe 162 Km/h,,mau naek motor di jalan tol???
    akselerasi mx jg payah,,masa sama supra fit gw kalah..
    gmana juga lebih keren sp coy

  8. analisa gue..
    juara bebek hyper:
    1. satria fu
    2. cs1
    3. sp/mx (blom pernah ngeliat sp lawan mx, tp gue dukung sp kan suzuki larinya kea kuda)
    gue gak bohong loh!!!

  9. Menang atau tidak bukan mesinnya tapi penungangnya, siapa yang berani mati yaitu yang menang.
    Kalau merek motor, mana yang banyak dibeli orang itulah motor yang bagus.
    Sesama biker tidak boleh ribut-ribut mbandingi motornya, semua motor buatan orang jepang….. pake motor sesuai kebutuhan dan kesenagan saja.

  10. wah jdi tmbah bngung, mo bli mx ato new shogun…
    klo trek pendek mnangan yg mana ya??..

    tp sayangnya mx gag double disk brake aja…
    trus new shogun kog gag mono shock aja byar tmbah keren..

    boleh nanya gag? byar satria FU agag irit???…

  11. selain merek Suzuki jgn masuk ke forum ini deh..bikin rusuh aj….le pelototin tuh motor sama komengnya!
    Sp lama koq lebih mantap dr pd new Sp????

  12. mx cm klah ma fu klo dhelas be2k!!!
    sp???mx gw pke gi2 3 j menang p lg pke 4 ilang dechhh…………..///? :D mw lawan mx LEwatin dlu supra 125!!!

  13. SP is the BEST euy!!!
    Btw, da yang tau ga kenapa New Shogun SP 125 gw, gigi 1 cuma bisa sampe 30 km/h aj, itu juga udah getar bgt mesin’n? Kalo gigi 2 cuma sampe 60 km/h aja… Tapi kalo gigi 3, pernah gw paksa sampe 100 km/h lho;) Plis bwt pecinta SP,kasih tau dun caranya supaya napas gigi 1 & 2 bisa lebih panjang…
    Thanks ya Bro;)

  14. klo kondisi motor sehat(ga ad krusakan mesin), ya itu ud takdirny Shogun yg memang nafasny ga trlalu panjang…tp akselerasi ganas!

  15. Mx tuh cuman menang top speed doang!!!!!!!!
    bayangin aj ud cc lebih gede, mesin tegak plus radiator, lahir belakangan cuman menang top speed aj…klo akselerasi yaaa masih trima semprotan asap dari SP.
    sorry aj nih, klo ga seneng sama comment ane, lo labrak dulu deh kru Otomotif dan M +. :)

  16. MX emang menang alus suara cuy,,tp apa gara2 alus suara juga kudu alus tarikan??

    belon yang pke kopling manual tuh,,suaranya kaya burubg dara,,

    nnguingg,,ngguingg..

    mending SP tanpa filter,,lantang menerjang…..!!!!

    yang 125 aja mampu nglibas 135,,apalagi yang f150…

    jangan ngarep…

    tunjukin tu vixi low mw saing ma f150…

    paling juga diasepin….

  17. Wkakakakakaka,GUOBLOOOOOOOGGGGGGG,SP lawan MX, Woi loe pada punya mata ga,mau diambil apanya tuh SP,jgn dibangga2in tuh Sp loe pada,125 ga ada tenaga pada sombong loe dilebih2in lgi,sini brantem ma MX gue ANJING !!! Lari dulu kalian sebelum gue injek dari blakang tuh muka SP !!! Dateng loe ke Bandung sini,semua SP!!!

  18. wahai saudara setanah air, tidak usah lah kita meributkan motor2 ini, dan para pemilik SP tidak usah terpancing dgn comment sampah di atas..krn commentny ga penting bgt buat kita smua…dr namanya aj ‘aurat’ mungkin wajahny seperti namany jg…lebih baik kita hidup damai tentram biar fakta saja yg membuktikan kebenaran tsb.

  19. kl disirkuit / race liar tuk memenangi perlombaan, bagi gue sih nunggangin SP deh lebih maknyuss, dimana mana dalam perlombaan di butuhkan akselerasi broo…bukan top speed, sori deh buka nya gue sok teuu, tp tanya aja sih ama empu nya sendiri..hehe

  20. emh gt kl pgn cb bsk tlg yaph buat suzuki and yamaha mania buat even/lomba buat para rider suzuki Vs Rider yamaha.
    but perlombaanny biar seru buat pndftran utk kalangan umum untuk definisi:
    kls 110-115 cc: yamaha Vs suzuki
    kls: 125-135:
    kls:150-200
    and krteria
    jarak pendek: 200-500 mtr
    jrak jauh : 600-1 atau 2km

    tu baru bs dlht keunggulan mtr masing2.
    jgn cuma ngandalin motor digarp tau .
    ank kecil j jg tau mtr garapan pst c4 lariny.

    buat rider suzuki nd yamaha top semua dech.

  21. bkakakakaka,,,norak luw pada…rbt mslh mtr,,,gw yakin para empunya pabrikan mtr bkalan ktwa ngeliatin luw pd brantem kek nak kcl:-P

    yg pling dominan dr hal2 yg lg luw pd ributin d atas ntu adalh STYLE DRIVER alias JOKINYA/PENUNGGANGNYA,,,(i’m agree wth bro deddy)

    plercuma luw mw naek kharisma kek, sp kek, mx kek, vixi kek, ninja kek ato mtr2 yg cc na 400an k atas,,,TAPI klo yg bwa’a engkong2 bau tanah apa bisa???

    smua ntu trgntung dri joki’a bos,,,prcma klo pd ributin spek’a msng2.

    gw brani tarohan,,,antara aki2 bau tanah pake Ninja vs bocah umur 12 taun pake mtr cb jadul,,,gw bkln megang bcah 12 taun :-P

    brani ???

    B 6783 CLX
    mogers

  22. Gyahahha pada ngeributin SP lawan MX!!, MX cukup lawan shogun FD125 tahun 2004 aja. gw pake shogun 125 2004 dah sering ngasepin MX. cupu abis mau MX CW and lainnya, akselerasi jelek. shogun W dah bisa ngalahin Vixion, MX, King Standard, Tiger, Suprax 125. padahal gw py standar dari pabrik belum diapa2in.knalpot juga standar. wkwkwk jangan ngimpi MX lawan SP, tanding ama Shogun FD125 dl, klo bisa lewatin jago dah.

  23. Shogun 125 sp masih kalah sama honda supra x 125 PGM-F1
    apalagi sama jupiter mx 135!!!!!
    jauh!!!!!! untuk akselersi awal menang shogun akhirny jg diasepin…..
    pernah liat shogun 125sp diasepin ma mio???

  24. Gw pernah pake 2 motor itu. Emang MX lebih gede powernya tapi kalo tuk kenyaman,handling,powernya juga pas itu SP, bisa dibilang selama 9 tahun gw punya dan ganti2 merek motor ini yang paling ok

  25. goblogggg lo pada smu ngebelain sampah bernama suzie sp !!
    sini tarung ama mx standart gw !!
    dijamin keok lu pade !!
    blagu bgt lo para monyet² ngebanggain sepeda ontel super luuaaambatttt bernama shogun sp !!
    ama aki² yg naik becak aja pda kalah sp taikkk ntu !!

    1. tai!smbong banget dgn mx yg stang pistonnya loyo!!lawan shogun kebo gw yg tahun 97 aj tuh,pada ngasep tuh si mx…naik gunung aja mx ga kuat!!ap yg mau dsombongin coba!!!bego!!cuma tau make tp ga tau keunggulan mesin!!

  26. Heh..goblok..ni gua uda di bandung.Keluarin mx tai lo..
    Jangan lupa bawa taruhan lo..
    W jamin mx lo mencret ma sp gua..
    Pasteur,24-07-2012,pk.01.00
    Gua tunggu lo dan motor banci lo..
    B.2521.BM

  27. aduh,,,yg pny sp gk tau diri,,kl motor standar pabrik,,,dr cc aja udh tau mana menang mana kalah,,,sp ma hsx 125 aja kalah,,pada saat start memang sp menang,,tp jrak 500 meter keatas udh diasepin,,gk tau kl sp ti udh diotak atik lg mesinnya mungkin menang vs mx standar,,pada tau diri donk yg pnya sp yg boros,,lari lemot,,gue pnya hsx 125,,

  28. memex tu lemottt..
    cc nya aja 135 tp banci…
    sp gw tahun 09 ngelawan new mx 135 tahun 2012,,(sma2 mesin standar,,cm pake knalpot racing n busi TDR racing doank)..
    ku asepinnn tu memex mpe joki nya malu sndiri..
    itu yg mau lo banggain??
    hahahahahhaaa……

  29. jangan pada ribut… ane pernah punya kedua2 nya…. cuman yang shogun belum SP.. (shogun FD 2005) dan MX (2005) juga belum CW sama2 standart : untuk akselerasi dari 0-80 km/jam memang lebih cepat MX, si shogun bisa ketinggalan …. tapi setelah 80 km/j si shogun lebih cepat mencapai top speed skitar 115km/j (dan 127km/j kalau pake nundukin kepala). lha.. disinilah biasanya shogun bisa ngasepin MX. soalnya MX top speed cuman bisa sampe 120km/j ….

  30. aku punya sp 06 biru item. kemarin waktu sama temen di jaln jogja solo deket prmbnan, kita blpan. dia vixi 09. emg dia kenceng, aksel bagus, pastilah cc besar. sp ku tak genjot, tepatnya di daerah dkt bandra adisutjipto, topspeed 120. udah g brani nambah lagi. bisa nambah tapi susah bgt, n udah takut bawanya hehe. mesin stndar semua.
    gear 1: 0-40
    gear 2: 40-70
    gear 3: 70-95
    gear 4: 95-120

  31. Kalau menurut gw mending dukung shoggun sp sama satria fu sebab kenapa jupiter mx vixion supra x akselasinya kaya bencong soalnya gw udah jajal satria gw lawan vixion sama mx gw tetep dukung satria fu dan shogun sp karna 2 motor ni akselasinya sama bagus ayo bangkit shogun sp dan satria fu

  32. Greate post. Keep posting such kind of information on your page.
    Im really impressed by it.
    Hi there, You have done an excellent job.

    I will definitely digg it and in my opinion recommend to my friends.
    I’m sure they’ll be benefited from this website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: