Ngage QD vs 6600 – episode : baterai dan SO

ternyata masalah itu bukan berada pada baterainya.
tapi ternyata berada pada OS nya.
anggapanku yang mengira bahwa baterai yang aku beli baru beberapa waktu yang lalu untuk 6600 telah salah.

kenapa aku bisa tau?
karena kemarin aku sempat mencoba tukar cross baterainya ngage dan 6600
hasilnya tetap sama.
baterai yang biasanya aku pake 3-5 hari di ngage
sekarang cuma bisa bertahan 1 hari.
dipakai sebentar saja seperti sms (tanpa kegiatan lain seperti kamera dan mp3 player)
baterai bar yang dulu 80% menjadi 30% – 15 %
wehhhh… kenapa ya?

kemudian dilakukanlah analisa
FExplorer dan TaskSpy dipercaya untuk melakukan tugas analisa ini.

:: NGage QD :
process : 50
tasks : 6
+ include Fexplorer

:: 6600 :
process : 55
tasks : 6
+ include Fexplorer

terdapat perbedaan proses yang berjalan 5 buah
mungkin aja untuk skin
kemudian daemon kamera
dan daemon-daemon lain yang menguras memory dan daya

ada yang aneh disini
baterai BL-6C (QD) yang semula statusnya 1 bar di 6600
kemudian aku bawa ke QD sekarang menjadi 4 bar
mungkin ini yang menyebabkan penggunaan baterai di 6600 tergolong boros
karena pemberitahuan baterai low lebih dini dibandingkan QD

penggunaan skin dengan size gede juga berpengaruh pada borosnya baterai
setiap component akan mengambil memory yang lebih besar
dan perlu waktu untuk meload
itu yang menyebabkan kadang respon menu menjadi lebih lambat dibanding biasanya (no skin)
CPU so pasti bakalan bekerja lebih ekstra dari biasanya.
nggak salah si baterai bakalan keteteran mensuplai tenaga demi CPU

pernah aku diamkan 6600 dalam keadaan baterai low dan keadaan standby
bisa bertahan dalam waktu 5 jam lebih

peringatan dini ini kadang tidak merepresentasikan keadaan baterai yang sesungguhnya
jadi kadang charge sebelum waktunya akan terjadi,
sehingga baterai akan menjadi lemah lebih cepat.

untuk pertimbangan, baterai yang aku beli baru itu setelah aku cek di sitenya nokia : valid
“asli”
jadi nggak ada perbedaan jika aku beli baterai baru lagi, karena bisa dipastikan hasilnya pasti akan sama.

jadi,
kenapa Ngage QD tidak menggunakan kamera dan skin support
karena untuk menghemat penggunaan baterai
nggak salah, kalau kadang ngage qd bisa bertahan ampe 5-6 hari
kadang lupa ingat untuk mencharge.
lain halnya dengan 6600 yang mengharuskan membawa charge setiap hari
karena setiap hari pastilah ada acara mencharge hp :D

Leave a Reply

